Sekretariat DPRD Kabupaten Batang / Berita / Bupati Batang : Kegiatan Intensifikasi dan Ekstensifikasi PAD terus dilaksanakan

Berita

Bupati Batang : Kegiatan Intensifikasi dan Ekstensifikasi PAD terus dilaksanakan

Rapat Paripurna Jawaban Bupati Atas Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Batang Terhadap Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2018.

Penyempurnaan Sistem dan Prosedur yang Akuntabel

Bupati Batang pada kesempatan itu juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran pimpinan Dewan beserta anggota yang telah menyampaikan pandangan umum berupa pokok-pokok pikiran, saran dan aspirasi .

Pokok-pokok pikiran, saran dan aspirasi melalui pemandangan umum fraksi-fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Batang merupakan masukan dalam rangka penyempurnaan pelaksanaan APBD tahun berikutnya dan penyempurnaan sistem serta prosedur pelaksanaannya yang akuntabel serta dalam rangka menentukan kebijakan bidang ekonomi, sosial, maupun politik yang tepat sehingga memecahkan permasalahan yang dihadapi dan sekaligus diperbaiki bersama.

 

Intesifikasi dan Ekstensifikasi PAD

Selanjutnya Bupati Batang menyatakan bahwa kegiatan intensifikasi dan ekstensifikasi Pendapatan Asli Daerah (PAD)  terus dilaksanakan dengan melakukan  pendataan potensi, kajian pendapatan, studi banding dan sosialisasi wajib pajak . “Pemerintah Kabupaten Batang juga mengucapkan terimakasih atas masukannya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang pada prinsipnya kegiatan intesifikasi dan ekstensifikasi terus dilaksanakan dengan melakukan hal-hal sebagai berikut a. Pendataan Potensi b. Kajian pendapatan c. Studi banding d. Sosialisasi wajib pajak” demikian Bupati Batang dalam rapat paripurna tersebut. Pada rapat paripurna sebelumnya yaitu Pemandangan Umum Fraksi-fraksi Fraksi PKB menilai pendapatan retribusi dan pendapatan lain-lain perlu ditingkatkan dan perlunya  dilakukannya kajian potensi  pendapatan daerah yang komprehensif sehingga target pendapatan benar-benar diangka yang moderat.

Dalam jawaban pemandangan umum terebut Bupati menjawab permasalahan-permasalah yang menyangkut  pelebaran jalan ruas Jalan Wuni sampai Kemiri Timur Kec. Subah yang belum selesai, lampu penerangan jalan Tulis menuju Wonosegoro, Tempat pembuangan sampah ditepi  jalan Banyuputih yang menganggu kenyamanan, penerangan jalan di Trowongan Tol Desa Masin, kinerja PDAM,  Kondisi  Jembatan Desa Lebo menuju Menguneng

Kemudian secara teknis dan terinci  dapat diperjelas melalui forum Badan Anggaran dan pembahasan komisi-komisi dengan mendalami Jawaban Bupati atas Pandangan Umum Fraksi dan membahas hal – hal lain yang berkaitan dengan Raperda Pertanggungjawaban.

Demikian penegasan Bupati Batang dalam menanggapi pemandangan umum fraksi-fraksi dalam  acara Rapat Paripurna Jawaban Bupati atas Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Batang, selasa 2 Juli 2019 di Ruang Paripurna DPRD Batang, rapat dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua DPRD dan Anggota DPRD, jajaraj forkompimda dan seluruh jajaran OPD Kabupaten Batang dan terbuka untuk umum.